Uncategorized

Olahan Lezat Ikan Nila yang Mudah Dimasak di Rumah

Ikan nila sangat disukai masyarakat sebab sumber protein ini memiliki harga yang termasuk murah. Sungguh disayangkan daging ikan nila sesungguhnya tidak mempunyai rasa yang spesial. Tetapi, jika kita tepat saat menentukan resep dalam mengolahnya, Sajian murah nan meriah ini dapat menjadi spesial dan digemari keluarga kita.

Berikut kita sajikan empat sajian enak berbahan dasr ikan nila yang dapat kita coba di rumah.
1. Pangek Ikan Nila
Pangek merupakan salah satu bumbu ciri khas Sumatra yang mempunyai campuran rasa asam pedas bersantan yang lezat. Bumbu pangek mempunyai cita rasa tinggi yang dapat menjadikan ikan nila terlihat istimewa.

Cuci bersih ikan nila, lalu beri perasan air jeruk nipis dan beri garam. Simpan dan diamkan selama 10 menit. Kemudian, bilas menggunakan air bersih. Tumbuk atau uleg bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, kemiri, dan garam secukupnya. Panaskan minyak, lalu tumis cabai dan bumbu halus sampai wangi dan matang. Beri serai, santan, asam kandis dan daun jeruk. Masak jangan lupa terus diaduk hingga mendidih. Tidak boleh sampai pecah. Sesudah itu bau langu bumbu mulai tak tercium, masukan ikan nila. Masaklah sampai bumbu menyusut sambil diaduk-aduk perlahan menggunakan api kecil. Lalu matang sempurna, siap disajikan.

2. Ikan Nila Bakar
Termasuk menu favorit di rumah-rumah makan ialah ikan bakar. Kalau kita memilki alat pemanggang arang, kita dapat masak ikan nila bakar sendiri di rumah. Ikan nila yang dibumbui kecap dan rempah – rempah kemudian dibakar ini rasanya sangat gurih dan manis menyerap ke dalam daging, dan susah ditolak oleh lidah. Dalam membuatnya, pilihlah ikan nila yang fresh. Hilangkan sisik ikan dengan cara dikerik lalu cuci bersih. Baluti dengan air jeruk nipis lalu simpan selama 15 menit. Sesudah itu, cuci lagi dengan air mengalir. Ulek bawang putih, bawang merah, jahe dan gula merah. Campur bumbu halus sama saus tomat, kecap manis, dan sedikit minyak. Baluti ikan dengan bumbu itu, diamkan dulu kurang lebih 25 menit. Panggang ikan, jangan lupa sesekali diolesi bumbu. Bolak balik tiga sampai empat kali sampai matang merata. Siapkan wadah dan sajikan bersama sambal favorit kita.

3. Sop Ikan Nila
Mau yang segar berkuah? Sup ikan dapat menjadi pilihan. Bersihkan ikan nila, kemudian potong per ekor jadi 3 bagian. Baluti ikan nila memakai jeruk nipis, simpan selama 15 menit. Sesudah itu, cuci lagi menggunakan air bersih. Uleg bawang putih, bawang merah, kunyit, dan jahe. Tumis bumbu uleg dengan daun salam sama serai sampai wangi. Rebus air sampai mendidih, masukanlah tumisan bumbu bersama ikan nila. Berikan garam dan gula, rebus sampai matang.
Sesudah itu ikan matang beri beberapa tomat dan cabai utuh sebagai penyegar. Kalau kita suka sedikit asam, dapat juga menambahkan sedikit air asam jawa. Periksa rasanya, kemudian sajikanlah hangat-hangat.

4. Pecak Ikan Nila
Pernahkah anda makan ikan bumbu pecak? Ikan pecak ialah hidangan yang berasal dari betawi. Berbagai ikan dapat digunakan. Bagi ikan nila, bumbu ini juga sangat cocok dipakai agar rasa ikan nila jadi gurih meresap.

Ikan yang telah dicuci, dibaluti jeruk nipis dan bilas lagi agar menghilangkan bau amis. Kemudian baluti ikan memakai bumbu halus dari kunyit, bawang putih, ketumbar, serta garam. Simpan beberapa menit sampai bumbu meresap. Goreng ikan pada saat minyak panas. Sesudah kering dan keemasan, tiriskan. Sesudah minyak berkurang dari ikan, letakkan ikan di piring dengan rapih. Buat bumbu pecak. Haluskan bawang putih, bawang merah, kencur, jahe, temu kunci, kemiri, dan cabai, yang telah disangrai.
Tumis bumbu pecak dan daun jeruk serai. Beri tomat, tuangkan air dan air asam jawa. Berikan bumbu gula dan garam. Masak sampai mendidih serta mengental, dan periksa rasanya. Lalu siramkan pakai bumbu pecak diatas ikan nila goreng. Berikan perasan air jeruk nipis agar lebih sedap. Siap dinikmati.