Uncategorized

Fakta Menarik Tentang Burung Garuda Pancasila

Burung garuda pancasila adalah salah satu lambang negara yang mulai dilupakan. Padahal terdapat banyak sekali lambang di dalamnya. Misalnya saja hak kebebasan sampai toleransi. Tentu saja memang banyak dipelajari di sekolah mungking saat SD atau SMP. Sebenarnya di lambang negara ini ada banyak sekali fakta menarik yang bisa kita lihat dan pelajari supaya kita lebih paham dengan nilai negara. Lalu apa saja fakta menariknya?

Fakta burung garuda pancasila pertama adalah tercipta pada tahuan 1950. Lambang ini di desain Sultan Hamid II atas perintah presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno. Sebenarnya desain ini bersaing dengan desain yang dibuat oleh M. Yamin. Akan tetapi desain yang dibuat oleh Muhammad Yamin memang ditolak. Ditolaknya ini karena dianggap di dalamnya terlalu banyak mengandung unsur Jepang.

Garuda juga punya sejarah yang ternyata dinaiki oleh Dewa Wishnu, tapi dalam mitologi Hindu. Menurut mitologi sendiri kalau segala yang dinaiki oleh Wishnu merupakan lambang kejayaan dan keagungan. Apalagi kalau dalam mitologi, maka garudanya berwarna emas. Selain itu sebenarnya garuda digambarkan sebagai hewa yang sangat gigih terutama dalam rangka memperjuangkan kebebasan.

Lalu pada pada lambang garuda pancasila jumlahnya sama dengan hari kemerdekaan. Kalau kita perhatikan dan hitung, maka akan terdapat 17 bulu kiri dan kanan sebagai tanda tanggal atau hari. Sementara itu kalau pda bagian bulu ekor akan terdapat 8 bulu yang dijadikan sebagai bulan agustus. Selain itu kalau kita menghitung pada bagian bulu pangkal ekor ada 19 dan leher 45, jadi tanda 1945.

Fakta burung garuda pancasila selanjutnya yaitu dilengkapi perisai lambang perlindungan, pertahanan dan perjuangan diri. Perisai sendiri memang menjadi salah satu lambang perlindungian, pertahanan dan perjuangan yang paling kelihatan. Pada lambang ini sendiri bisa memperlihatkan tentang maksud lambang negara yang sangat kuat yang terbentuk dari perjuangan diri dari ratusan tahun lalu.


Selain itu pada lambang ini memang ada 5 sila. Untuk sila pertama dengan bentuk bintang,. Sila pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini sendiri tentunya memang akan menuntun Indonesia untuk memiliki Tuhan. Semua warga Negara Indonesia wajib memiliki tuhan yang Esa.

Sementara itu burung garuda pancasila sila kedua ada bentuk rantai. Kalau bentuk ini menggambarkan hubungan manusia. Tentu saja memang sesuai dengan sila kedua yakni persatuan Indonesia. Kesatuan sesama warna negara di dalam dustu negara memang harus selalu terjaga supaya tidak ada perpecahan.

Sila ketiga pohon beringin. Bisa dibilang banyak yang bilang pohon beringin sebagai tempat mahluk halus. Tapi kalau dalam lambang negara sendiri simbol ini sendiri berarti persatuan Indonesia..

lalu fakta selanjutnya ada pada sila keempat yang berbentuk kepala banteng. Kalau dalam sila keempat sendiri berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam persatuan/perwakilan. Memang simbol banteng dianggap binatang sosial, berkumpul. Hal ini pun menggambarkan bahwa semua musyawarah harus dilengkapi dengan mengumpulkan orang dulu.

Terakhir ada sila 5 pada lambang garuda yaitu padi dan kipas. Kita sendiri tahu kalau sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Disini tentunya harus dilengkapi dengan keseimbangan kelas di Indonesia. Tentu semua warga Indonesia berhak mendapatkan hak dasar tanpa pengecualian, mau itu pejabat ataupun orang biasa.

Bagaimana, fakta mengenai burung garuda pancasila sangat hebat bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.