Uncategorized

Jenis Burung Pipit Paling Populer di Indonesia

Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat Indonesia mulai menyukai jenis burung pipit. Burung ini terkenal karena memiliki bulu yang indah serta suara kicauan yang sangat merdu. Negara-negara lain seperti Amerika, Eropa, dan juga Australia justru lebih tertarik memelihara jenis burung yang satu ini daripada memelihara burung dengan kicauan merdu seperti yang disukai oleh orang Indonesia. Selain cara merawatnya yang mudah, penampilan bulunya yang cantik dengan warna yang warna-warni ini cukup menarik untuk dilakukan persilangan demi mendapatkan anakan dengan warna bulu yang unik dan juga menarik.

Burung pipit sendiri memiliki puluhan jenis yang tersebar di seluruh dunia, namun ada beberapa jenis burung pipit yang populer di Indonesia dan memiliki bayak peminatnya, berikut ini adalah jenis burung pipit yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia yang wajib anda ketahui.


1. Golden Amadin
Golden Amadin merupakan salah satu jenis burung pipit yang sangat populer di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan burung asal Australia ini memiliki corak yang sangat menaran dengan variasi bulu yang terlihat cerah dan ceria. Ukuran burung pipit dewasa ini sekitar 12-14 cm dengab bobot tubuh sekitar 12-20 gram. Jika dirawat dengan baik dan benar, burung Golden Amadin ini bisa dihidup sampai 6 tahun lamanya. Ia akan mencapai kematangan seksual pada usia 10 bulan. Yang menarik perhatian banyak orang dari jenis burung pipit yang satu ini adalah warnanya yang cantik dan juga menawan.

2. Emprit jepang
Emprit jepang atau society finch merupakan salah satu jenis burung pipit yang digemari oleh masyarakat Indonesia dan juga beberapa negara lainnya. Burung yang satu ini bukanlah jenis burung yang bisa ditemukan terbang bebas di alam liar. Hal tersebut dikarenakan burung yang satu ini merupakan hasil perkawinan silang yang terjadi antara burung sharp-tailed munia yang berasal dari india dengan burung striated munia yang berasal dari Jepang. Selain karena bisa dikembangbiakan dengan mudah, emprit jawa juga dipelihara untuk dimanfaatkan sebagai baby sitter untuk jenis pipit lainnya. Burung pipit yang sering kali menggunakan jasa emprit jepang adalah golden amadin.

3. Owl Finch
Disebut owl finch karena burung pipit yang satu ini memiliki corak bulu seperti burung hantu. Burung ini habitat aslinya berada di padang kering sabana, hutan hujan tropis, dan padang rumput yang berada di wilayah timur dan utara Australia. Bulunya yang menyerupai burung hantu inilah yang membuatnya begitu digemari oleh pecinta burung hampir di seluruh dunia. Antara owl finch jantan dan betina sangat susah untuk dibedakan karena keduanya memiliki cirri yang terlihat sama jika diperhatikan.

4. Bondol Haji
Bondol haji atau pipit haji merupakan burung pipit yang masuk kedalam keluarga burung estrildidae. Burung ini tersebar di semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Bali, dan juga pulau-pulau lain yang ada di sekitarnya. Disebut pipit haji karena di bagian atas kepalanya terdapat corak putih polos yang menyerupai peci yang digunakan oleh masyarakat Indonesia yang baru pulang dari ibadah haji. Itulah mengapa burung pipit yang satu ini disebut dengan sebutan pipit haji. Ia juga terkenal memiliki suara yang bernada tinggi seperti suara seruling. Selain itu warna cokelatnya yang polos membuat burung yang satu ini terlihat menawan. Selain cantik pipit haji juga memiliki kicauan yang merdu dan juga nyaring.